Catatan Calon Perawat: "Karena kami perawat" ( cause we are nurse)






 Nerstory-   P e r a w a t, apa yang terlintas dibenakmu ketika mendengar profesi itu? orang-orang yang berseragam putih di suatu rumah sakit kah? Asisten dokter kah? Jutek kah?

what do you think about us  before? Let’s check it out

Hari ini saya akan berbagi segala macam hal yang masyarakat mungkin tak tahu apa yang kami (baca:perawat) lakukan di setiap Lini pelayanan kesehatan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 


Karena kami perawat, itu berarti kami adalah orang yang merawat (care) not cure  (mengobati) jangan salah kaprah lagi ya.., jadi dalam hal ini kami memberikan asuhan keperawatan pada klien dalam berbagai aspek biologis yakni hal hal yang berkaitan dengan fungsi biologis, gejala-gejala klinik, perubahan biologis apapun yang ada pada klien, aspek psikologis yakni memastikan klien dalam kondisi yang nyaman, tenang dan tidak merasa terbebani dengan segala macam aktivitas, aspek sosial yakni memastikan bagaimana peran sosial klien terpenuhi walau dirinya sedang sakit yakni dengan mengizinkannya untuk dijenguk sanak keluarga pada jam kunjungan, aspek cultural yakni melaksanakan asuhan keperawatan dengan pendekatan cultural atau budaya dari masing-masing klien karena pada dasarnya setiap manusia itu unik, aspek spiritual yakni memastikan klien tetap mendapatkan bimbingan spiritual yang cukup walau sedang dirawat dengan membantunya untuk melaksankan ibadah sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. (bio-psiko-sosio-cultural-spiritual). So, tidak heran jika ada quote yang berbunyi : “there is no cure without care”. Setuju dong?

    BACA JUGA : 9 Hal yang perlu dipersiapan sebelum mengurus STR secara online

Karena kami perawat, itu berarti kami bermitra dengan dokter. Bukan asisten apalagi pembantu dokter. Karena kami juga berdasarkan disiplin ilmu yang professional. Kami Bisa mendiagnosa penyakit berdasarkan diagnosa keperawatan, memberikan berbagai macam pelayanan dalam bentuk asuhan keperawatan, memang bukan orang yang meresepkan obat, tapi kami adalah orang yang memastikan obat klien itu diminum atau diberikan dengan tepat waktu, tepat dosis, tepat obat, tepat cara, dan tepat orangnya.

Karena kami perawat, kami berkolaborasi dengan berbagai macam petugas kesehatan yang lain seperti dokter, ahli gizi, apoteker, analis kesehatan. Dan orang-orang selain petugas kesehatan seperti, keluarga klien, clining service, masyarakat dll. Itu semua kami lakukan karena kami adalah perawat, seseorang yang memastikan klien terpenuhi dalam segala kebutuhan termasuk memastikan nutrisi yang diperlukan oleh klien dengan berkolaborasi pada ahli gizi, memastikan kebersihan ruangan klien dengan berkolaborasi pada cleaning service, memastikan sampel uji lab seperti darah, saliva dan lain lain sampai tepat waktu dan diambil dengan cara dan waktu yang tepat dengan berkolaborasi pada analis kesehatan. Serta berbagai macam kolaborasi lainnya demi memenuhi kebutuhan klien.

Karena kami perawat, kami merawat, atau memberikan asuhan keperawatan pada klien yang tak mampu, tak mau dan tak bisa melakukan aktivitas secara mandiri.

Karena kami perawat, itu berarti kami adalah orang pertama dan teralama berinteraksi dengan klien. Perawat adalah garda terdepan dari unit pelayanan kesehatan dan sekaligus petugas yang paling lama dalam berinteraksi dengan klien yakni 24 jam nonstop.  Ini sangat memungkinkan perawat dinilai lebih dalam oleh klien dan keluarganya termasuk image jutek perawat atau bisa jadi image perawat baik hati. It’s just a person not all of nurse.

Karena kami perawat, maka kamilah yang kalian (baca:pasien) panggil “sust, suster..” (bukan SUSah TERus yaa) di  tengah malam buta hanya untuk membantu dirimu melakukan sesuatu atau apapun itu. ingatkah kau? 

And the last, Karena kami perawat, tentu kami bahagia bisa mengabdikan segenap ilmu dan skill kami karena kami menyadari bahwa semua akan berbalas surga nanti.
   
That’s all about us. Because we are nurse. And we are so proud to be nurse. So what are you thinking about us now?
“I am proud to be nurse”
Let’s say together, future nurse  “WE ARE PROUD TO BE NURSE”


BACA JUGA : 9 Hal yang perlu dipersiapan sebelum mengurus STR secara online

4 komentar

doain ya kaka,semoga aku jadi penerus perawat yang baik:)

Aamiin. pasti bisa Afra.. salam kenal rekan sejawat :)

Profesi mulia yg sangat menjunjung tinggi nilai kesabaran.. bravo

Hah.. inshaalah klo dijalani dg ikhlas. salam kenal rekan sejawat


EmoticonEmoticon