4 Apalikasi smartphone yang wajib Kamu punya Buat jika kamu suka membaca dan menulis

Hai haii sobat, uda lama banget nih gue gak nongol di blog ini.. sebenarnya gue gak ingin nyalahin ujian, tapi emang ujianlah yang membuat ide nulis gue berterbangan entah kemana. Nah, malam ini gue balik lagi untuk ngupas aplikasi-aplikasi yang harus ada di smartphone untuk Lo yang suka baca, apa aja ya..?

Bersadarkan pengalaman gue sendiri yang emang suka banget baca, ini nih aplikasi yang wajib Lo punya.. aplikasi ini punya kelebihan dan kekurangannya masing masing, ada pula yang fungsinya saling melengkapi satu sama lain.. check it out..
1. Wattpad 
 
Ini aplikasi yang sempurna banget untuk lho yang suka baca dan tulis sekaligus. Selain bisa baca novel atau cerbung gratis setiap hari, kamu juga bisa membagi tulisan-tulisan karya kamu disini. Tinggal bikin akun dan share deh tulisan kamu. Jangan khawatir gak ada pembaca, karena kalau memang Tulisan kamu bagus, bisa ribuan lebih yang baca, comment dan like. selain itu, di wattpad ini juga menyediakan fitur follower dan following akun, Itu berarti kamu bisa menambah teman atau kenalan yang sama-sama punya hobi baca sehingga kamu bisa saling merekomendasikan cerbung atau novel yang bagus. Jika kamu suka ama novel atau cerbung itu kamu juga bisa memilih fitur “add this story to your reading list” itu berarti, kamu bisa mendapatkan update chapter-chapter novel tersebut setiap saat. Selain bisa baca karya penulis penulis amatiran, disini juga kamu tetep  bisa baca karya penulis-penulis best seller skala dunia, kalau emang ada yang berbaik hati nerjemahinin novel tersebut di akun wattpadnya. Bacaan di wattpad ini juga Beragam banget genrenya, kamu bisa tinggal pilih genre yang kamu suka seperti romance, horror, teen, fiction or nonfiction, historical dan lain lain deh. Disini juga terdapat jenis tulisan yang bisa kamu baca sesuai dengan kategori umur kamu, misalnya General, pengawasan ibu bapak, dan lain lain. Pokoknya untuk kamu yang suka baca, wajib nih punya aplikasi wattpad di smartphone kamu. Namun, Kekurangannya adalah smartphone dan paket data kamu harus dalam keadaan online saat mengakses aplikasi ini. Oh ya kalau uda download dan bikin akun, jangan lupa follow akun wattpad @sice_ye dan baca (after not together) 
 
2. Cool reader  
 
Ini aplikasi baca  downloadan novel gratis. Maksudnya kamu download novel-novel trus bacanya pake aplikasi ini (bisa sambil Offline). Lho kok mesti aplikasi ini? Ya iyalah, selain tampilannya yang dinamis yakni seperti lho baca buku asli, saat lho mau pindah kelembar berikutnya, lho tinggal sentuh tuh layar, jadi lho gak perlu scrolling ke atas dan kebawah. Format downloanya seperi PDF, Epub dan lain lain juga bisa dibuka pake aplikasi ini. Selain itu, enaknya pke aplikasi cool reader ini, setiap kamu menutup aplikasi ini, maka halaman terakhir bacaan kamu akan otomatis tersimpan. 
 
3. Epub reader 
Epub reader adalah aplikasi offline untuk membuka e-book atau novel yang berformat epub. Rata-rata novel gratis yang bisa didownload, berformat epub. Itulah kenapa aplikasi ini menjadi pilihan bagi yang suka baca. Tampilannya yang sederhana(lebih sederhana dari coolreader) dan dinamis (seperti membaca buku asli) membuat banyak pemaca nyaman menggunakan aplikasi ini. Kelebihannya juga, aplikasi ini memiliki fitur autosave saat kamu menutup aplikasi ini. 
 
4. epuBator 
adalah aplikasi pendukung dari epub reader. Karena jika novel yang kamu download itu berformat selain epub, misalnya PDF, maka kamu bisa menkonfersikannya terlebih dahulu ke epub. Selanjutnya tinggal kamu buka di aplikasi epub reader deh.

Sekian, postingan gue kali ini.  Semoga bermanfaat yaa :)

2 komentar

Wah aku suka banget baca novel. Jadi berterima kasih banget ni :D
Tapi diantara aplikasi' itu mana yang paling populer ya? *mau download*

eh, kalau berkenan mampir ke blog aku juga ya hehe www.anisaoktariani.blogspot.com

yang paling populer wattpad.. salam kenal anisa. thanks atas kunjungannya. ntar ak juga blogwalking ke blog kamu.. :)


EmoticonEmoticon