Pengalaman Mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) di Gedung Bursa Efek Indonesia


Nerstory;-- Finally, setelah maju mundur cantik, akhirnya di penghujung tahun ini, aku bisa mengikuti kelas terkahir untuk SPM sebelum pergantian tahun. One of my goals in this year finally come true!


penamapakan gedung IDX (sebelum masuk) 

Kalau di flashback 3 bulan kebelakang, sebenarnya sudah lama sekali aku ingin mengikuti kelas sekolah pasar modal ini. banyak banget rintangan sebelum akhirnya bisa ikut bergabung dan mendapat edukasi terbaik dari coach-coach yang sudah berpengalaman di bidangnya. Mulai dari jadwal gak match, ngajak temen tapi temen kurang tertarik dan lailn-lain. Sempat kepikiran buat ambil kelas online karena susah sekali jadwalnya match.  tapi dari awal saya emang niat banget ikut kelas tatap muka, yaah semacam biar bisa merasakan euforianya bertamu di gedung IDX dan bertemu secara langsung dengan para calon investor-investor baru disana :) lebih seru kan ngebayanginnya daripada duduk depan laptop sendirian, belajar sendirian dan bingung sendirian pula. :(

 

 suasana kelas dan suasan gedungnya! ciamik deh pokoknya!


Dan akhirnya pada periode ke 128, aku bisa ikut bergabung dengan lebih dari 80 calon investor wuiih. Backgroundnya sih gak main main, mulai dari mahasiswa, para pengusaha sampai ibu rumah tangga dan para staf kantor macam saya ini.


kartu bagi setiap visitor yang hendak mengunjungi dan masuk ke gedung IDX

Sekolah pasar modal ini terdiri dari dua level. Level pertama yakni pengenalan singkat mengenai investasi saham secara umum dan profile dari sekuritas yang saat itu menjadi pengisi materi. Dan masuk ke level kedua, ini adalah bagian penting dari investasi saham yakni kita akan diajarkan mengenai analisa teknikal dan fundamental dari suatu emiten termasuk cara membaca grafik pergerakan harga saham sampai pada bagaimana cara membeli dan menjual saham dengan aplikasi. Praktik langsung. 

Jujur materi level 2 ini cukup membuat pusing bagi pemula. Walaupun sebelumnya saya sempat membaca buku mengenai saham, tapi ketika diajarkan langsung, waduh ternyata banyak sekali hal yang mesti dipahami lebih lanjut. Apalgi bagi orang yang memang tidak mempunyai background ekonomi, akan banyak sekali istilah istilah yang pasti baru didengar pada saat level 2 ini. Tapi jangan khawatir, berkat kecanggihan teknologi, biasanya dalam suatu aplikasi trading saham, sekuritas sudah membekali rekomendasi harian, research analisa fundamental suatu perusahaan dan analisa technical secara singkat. Kamu  hanya perlu menyesuaikan dengan tujuan investasi kamu sebagai bahan pertimbangan jenis saham apa yang ingin kamu milki, seberapa banyak kamu ingin mendapat keuntungan, apakah itu berupa capital gain or deviden dsbnya.

Pada artikel kali ini pula, aku ingin membahas mengenai hal hal yang jarang dibahas oleh artikel sejenis yakni mengenai fasilitas dan keuntungan  yang kita dapatkan dari sekolah pasar modal kelas tatap muka.


1. Dengan mengambil kelas sekolah pasar modal, untuk menjadi investor kamu hanya merogoh kocek sebesar 100K saja. wow! Coba kalau kamu datang ke sekuritasnya langsung. Rata rata minimal pembukaan RDI (rekening Dana Investor) minimal 1 juta bahkan ada yang mematok 5juta sampai puluhan juta rupiah.


2. Dana 100K itu adalah dana awal pembukaan rekening investor kamu. Artinya dana tersebut menjadi modal awal kamu dalam berinvestasi. 


3. Mendapatkan snack dan makan siang.


4. Mendapatkan kartu KSEI dan sertifikat pelatihan SPM (beberapa hari setelah kelas SPM dan kamu juga harus sudah transaksi saham minimal 1 kali)



5. Akses masuk (login) untuk mendapatkan info terbaru tentang saham dari aplikasi besutan sekuritas yang pada saat itu mengisi materi.


6. Bonus terakhir yakni wisata di gedung bursa efek Indonesia. Kamu bisa masuk ke galeri investasi untuk melihat berbagai fitur  touch screen yang memanjakan mata. Mulai dari sejarah saham, persebaran gadung BEI,  games trading saham, aplikasi perencanaan keuangan untuk masa depan sampai pada quote quote terkenal dari warren buffet dan bill gates. Seru banget deh pokoknya!

ini galeri investasi yang aku maksud. kamu bisa foto foto cantik disini sambil menikmati fitur investasi digital yang canggih lho.

Nah setelah membahas keuntungan mengikuti SPM, aku akan sedkit berbagi  mengenai kekurangan SPM kelas tatap muka ini.


1. Pada SPM kelas tatap muka, kamu tidak bisa memilih sekuritas. Artinya kamu akan terdaftara menjadi member dari sekuritas pengisi materi pada jadwal tersebut. 


2. Mengenai Rekening Dana investor, pilihan bank yang bisa kamu pilih terbatas pada bank yang telah bekerja sama dengan sekuritas pengisi materi pada saat itu. misal kamu memiliki rekening bank A, tapi sekuritas pengajar pada waktu itu tidak bekerja sama dengan bank A, maka kamu harus membuat rekening bank yang bekerja sama atau kamu akan dikenakan biaya admin setiap kamu mengisi deposit RDI kamu dari rekening bank yang sudah kamu miliki.


3.  Kalau kamu tidak memiliki rekening BCA, maka kamu harus siap-siap ke teller bank langsung untuk mengirimkan biaya daftar SPMnya. Karena Bank yang digunakan untuk pendaftaran kelas SPM tatap muka hanya melalui bank BCA.


4. waktu yang sangat singkat. Rasanya masih banyak yang perlu dibahas dan ditanyakan. Tapi karena keterbatasan waktu, semuanya dipadatkan hehe. Jadi yah setelah spm harus rajin baca-baca buku tentang investasi dari sumber lainnya supaya analisanya bisa lebih tajam hehe. 


Next postingan akan saya rekomendasikan buku investasi yang bisa dijadikan acuan bagi investor pemula untuk dibaca. Dan itu free ;) 





EmoticonEmoticon