CARA MERAPIKAN HASIL COPY-PASTE FILE PDF KE MS WORD

The Nerstory,- Sering Kali beberapa  tugas mengharuskan kita menyadur beberapa bagian yang penting dari sebuah file berbentuk PDF. Kita sedikit mengalami kesulitan ketika mengcopy-pastekan secara bebas file tersebut pada MS word. Karena Filenya pasti berantakan. Tidak beraturan, tidak rata kiri dan kanan dan seperti berbentuk Columns atau terbagi dua seperti pada file asalnya PDF. Bila Kita ingin merapikan secara manual satu per satu, maka bisa dipastikan akan memakan banyak waktu. Oleh Karena itu pada kesempatan kali ini, aku akan membagian tips  Cara Merapikan Hasil Copy-paste File PDF ke Ms. Word dengan mudah. 
 

1. Buka File PDF yang akan dicopy

2. Copykan bagian yang diinginkan atau Ctrl +A  dilanjutkan Ctrl + C bila ingin mencopy seluruh bagian.

3. Siapkan blank document dengan membuka Ms Word

4. Paste-kan File Pdf yang tadi telah dicopykan. atau klik Ctrl+ V

5. File akan tercopy otomatis tapi dalam bentuk yang kurang rapi seperti gambar dibawah ini

6. Blok semua bagian atau  Ctrl+ A dilanjtkan Ctrl +H


7. Maka akan muncul dialog box seperti ini. Atau anda bisa juga membuka Menu Replace di Tab Home MS Word 

8. Isikan ^P pada kolom yang atas

9. Kemudian pada kolom di bawahnya, beri 1x spasi

10. Klik Replace All. Bila Muncul kotak dialog berikutnya, pilih Yes dan Ok

11. Maka Tampilan akan rapi seperti Paragraf pada umumnya. jangan lupa untuk mengklik rata kiri-kanan/Justify ( Ctrl +J) agar tampilannya rapi kiri dan kanan.


12. Terakhir anda bisa edit sesuai keinginan. 

Semoga Bermanfaat. Selamat Mencoba. Sau-


EmoticonEmoticon