Cara Mengetahui Rekening Bank Masih Aktif atau Tidak

Nerstory-   punya rekening yang sudah lama tidak dipakai buat transaksi? Dan sekarang mau dipakai buat transfer tapi takut sudah tidak aktif lagi? Berikut cara mudah mengecek apakah suatu rekening masih aktif atau sudah tidak lagi.

Jika sudah bertahun tahun tidak dipakai transaksi apapun, ada 2 kemungkinan yang akan terjadi pada rekening anda. Status rekening anda menjadi pasif atau menjadi nonaktif. Jika Rekening anda berstatus pasif, Artinya rekening anda masih mempunyai cukup saldo untuk biaya pemeliharaanya tetapi rekening tersebut jarang dipakai buat transaksi. Untuk lebih jelasnya, berikut Ini tanda rekening bank kamu sudah berstatus pasif, Namun Saat saldo minimum yang Anda punya sudah tidak cukup untuk biaya pemeliharaan rekening tiap bulan, maka otomatis rekening Anda akan berstatus nonaktif. Ini Tandanya rekening bank yang sudah nonaktif. Apakah bisa diaktifkan kembali?

BACA PULA: CARA MENGHITUNG DAN MENGEVALUASI PENGELUARAN BULANAN YANG SIMPLE DENGAN APLIKASI MOBILE BANKING 

Ciri ciri status rekening yang sudah nonaktif, kalau anda coba transfer, maka dana transfer anda otomatis dibatalkan. Sedangkan kalau status rekening  anda hanya bersifat pasif, maka rekening tersebut masih bisa dipakai untuk menerima transferan.

Jadi cara mengetahui apakah rekening anda masih aktif atau tidak yaitu dengan mencoba melakukan aktivitas transfer. Kalau bisa yang antar bank. Karena kalau transfer sesama Bank, transfer uang tetap masuk walaupun rekening Anda sudah nonaktif.

Berikut aktivitas transfer yang saya lakukan untuk mengetahu apakah rekening BRI saya masih aktif. Saya mencoba transfer dari BNI mobile banking dengan mencoba transfer Rp.5000 Dan ternyata transfer yang saya lakukan berhasil. 
Itu berarti rekening BRI saya masih aktif tapi bersifat pasif walaupin sudah hampir satu tahun tidak dipakai buat transaksi. 

Berikut bukti transfer yang saya lakukan untuk mengetahui apakah rekening saya amasih aktif atau tidak.






 BACA PULA : MOBILE BANKING UNTUK TRANSAKSI ONLINE YANG LEBIH PRAKTIS 

Yang harus anda lakukan setelah mengetahui bahwa rekening anda bersifat pasif, anda hanya tinggal mendatangi CS bank bersangkutan untuk meminta proses pengaktifan kembali. Semoga berhasil.

83 komentar

Maaf, ingin bertanya.
Lalu kalau rekening nonaktif tapi ada dana transfer masuk dari sesama bank itu masih bisa diambil? Terima kasih.

Bantu jawab ya bu...Biasanya kalau berasal dari Bank yang sama bisa bu. Dengan catatan: Biasanya ibu diminta untuk mengisi Form Aktivasi rekening ulang atau lebih tepatnya surat pernyataan di Bank tempat ibu membuka rekening. Saya pernah mengalami hal ini di salah satu Bank Swasta. Beberapa transferan dinyatakan suses tapi tidak muncul saat saya cek di ATM. Ketika saya datang langsung e Bank dimana saya membuka rekening didapatlah jawaban bahwa sebenarnya rkening saya sudah non aktif, dan untuk menonaktifkannya saya hanya perlu menunjukkan KTP asli & mengisi Form Pernyataan pengaktifan kembali rekening saya yg non aktif tersebut. Hanya kurang dari 15 menit prosesnya selesai, dan etika saya test cek saldo ke ATM uang yg pernah ditransfer saat rekening saya non aktif tersebut sudah muncul dan sudah bisa langsung ditarik tunai.

Namun biasanya kebijakan masing-masing Bank berbeda-beda...maka saran saya lebih baik ibu datangi langsung Bank tempat ibu membuka rekening. Agar lebih lancar bawa bukti kepemilikan rekening (buu tabungan), ATM (jika ada), dan KTP... Semoga membantu... :)

Kalau rekening sudah sudah 8 tahun tidak aktif bisakah diaktifkan kembali?
Mksh

maaf mau tny.. Klo bru 6 bln tdk dgunakan apakah rekening msh dikatakan aktif atau tdk ya? Krn trakhir transaksi desember 2017.mohon tanggapan dan bntuan'a.tks

Mohon di bantu jawaban nya gan ,,

Sya punya rekening bri,tpi di pakai sma org, dan ada 1/2bln di pakai,llu krtu sya ambil dan sya
cek di layar keluar kata blokir sementara , lalu krtu sya buang, dan pertanyaan sya apa kah bisa di buka buku tabungan atas bank yg sama??

Mohon pencerahan nya gan !!

bisa. atau buat aja lagi atmnya. coba ke cs bank ybs ya.. bawa buku tabungan dan ktp asli

trgantung saldony mencukupi or tidak untuk pemotongan biaya admin tiap bulan.

kalau selama itu sudah tidak pernah ada transaksi dan sald juga tidak mencukupi lagi, rekeningnya jelas sdh nonaktif. setahu saya tidak bisa. harus bikin baru

Buku tabungbt sys ATM sy di pegang abang saya, sy gak tw kapan valid nya, tapi sy sering nerima transfer dari pacar saya ke rek mandiri sy dan sy cek via sms banking masi bisa dn sy suka langsung tf. Ke BRI temen sy. Masi bisa, yg saya takut kan ketika pacar sy tf trus sy g bisa transaksi lg. Gimana cara ny mengetahui kadaluarsa atw blm.

Mau tanya nih kak
Atm bri ku udah 6 bulanan gak kepake terus habis itu dibuat penarikan masih bisa. Setelah 6 bulan gak kepake itu
Nah kemudian saya transfer dari bank mandiri ke atm bri saya itu. Terakhir saya cek di atm bersama bank mandiri, saldo masih ada
Terus setelah satu bulan saya cek lagi ke atm bank mandiri bersama lagi. Kok bank mandiri nya tulisannya tidak bisa mengakses atm ini. Dan untuk dibuat melihat saldo juga tidak bisa. Itu kenapa ya?

Apa ciri" ATM BRI yang sudah di blokir? Soalnya saya hampir setahun gaada transaksi apapun, ketika saya coba ke ATM masih bisa cek saldo. Apakan ATM saya sudah terblokir atau belum ya?

kalau terblokir pas masukkin kartu 'maaf transaksi tidak bisa dilakukan, hubungi bank ybs'

coba datangin banknya, cek saldo masih termasuk transaksi kok, kalau masih bisa berarti masih aktif setau saya

This comment has been removed by a blog administrator.

Saya baru setor tunai 500 ribu ketika sy transfer sesama bri pertama berhasil 150.000 tp transfer ke 2 tertera saldo tidak mencukupi...saya cek saldo masih tetap ada.. saya coba tarik tetap saldo tidak mencukupi..itu bagaimana ya

Setiap kartu atm punya limitnya masing masing sesuai jenis tabungan sewaktu membuka rekening. Kakau transfrer yg kedua gagal pdhal saldo masih ada, berarti nominal penarikan tsb sudah melebihi limit yg seharunya.

Maaf mau tanya minimal masa aktif buku tabungan bank BRI berapa bulan yah punya saya udh lama ga ada pemasukan buat nabung dari tanggal 02 April 2018 sampai saat ini,saldo saya pertama sih 250rb apakah masih aktif

Tergantung jenis tabunganny. Tpi klo bru thun 2018 ini inshallah masih aktif. Biaya pemeliharaan rek kan dibwah 10rb/bln. Utk memastikan dtg lgsng ke banknya

Maaf mau tanya kalo atm udah 3 bulan gak pernah dipake transaksi tapi masih ada saldo 100ribu masih aktif gak yak kira kira?

This comment has been removed by the author.

Mau tnx, klw buku tab sudah 5 thn tdk bertransaksi tapi saldo ada 100rb, apakah masih aktif?? Atw

Kalau rekening sudah lama tdk di gunakan, tetai orang lain berhasil mengirim uang kesitu, apakah uangnya masih bisa di ambil? Tapi buku rekening dan atmnya sudah hilang

Begini dulu tahun 2014 saya membuat rekening di bank BNI dengan saldo 500rb tapi sampai 2019 ini saya tidak ada melakukan transaksi apapun. Apakah masih bisa rekening saya ?

Kemungkinan sdh tidak aktif lagi. Silakan menanyakan ke bank bni terdekat.

Sdh brp lama sudah tidak dipakai transaksinya? Kmgkinan sdh pasif atau malah sdh benar2 nonaktif.
Kalau rekeningny bru pasif, msh bisa diambil uangnya. Tpi hrs pakai atm atau buku rekening

Kemungkinan besar sdh tidak aktif lagi. Silakan tanyakan pada bank terkait

Msh aktif klo bru 3 bulan. Ciba aja transaksi. Ngirim atau nerina transfer

Kalo saldo nya kosoko udah hampir 3 tahun gimana ya gan? Masih bisa transaksi ngga?(Bank Nagari) . Mohon bantuannya

Aku mau nanya
Atmku udh gak kepake 1th kemarin aku cek saldo terakhir tinggal 11rb kira kira itu msh aktif gak ya

Maaf saya ingin bertannya jiak ada yang mentransfer kepada saya namun ada pemberitahuan jika rekening saya tidak aktif, padahal 3 hari yang lalu saya habis tarik tunai dan saldo saya masih ada 500k. Itu kenapa ya

Tolong dijawab.
Saya kehilangan atm bri lalu saya blokir atm saya ke bank dan sudah berhasil di blokir ,tapi kemarin saya lupa saat ada orang yang mau transfer saya malah kasih rek yg sudah di blokir tsb dan uang transferannya masuk. Apakah rek tsb masih bisa dipakai untuk transfer?

yang diblokir cuma akses melalui atm tsb. rekeningnya tidak ikut terblokir. Jadi no rekening tsb masih bisa melakukan semua aktivitas perbankan, termasuk transfer manual dengan memakai buku tabungan dan dtg ke bank ybs.

Untuk menanyakan akun bank bri masih aktif atau tidak apakah bisa melalui call center?

Mau tanya kalau misalnya msukin debit trs pas mau cek malah keluar lagi debit nya dngn sndri nya lalu ada tulisan tidak dapat proses

Mau tanya kalau saya transfer ke no rek bri yg tdk aktif apakah masih bisa masuk.jika saya ingin riject transaksi tersebut apakah bisa?

Mau nanya boz. Lw rek. Bni sudah nonaktif tapi Bru menerima transferan dan masuk saldonya tapi tidak bisa ditarik dana. Apa msih bisa melakukan transfer ke rekening bank lain.

Atm sudah lama tidak di gunakan apakah masih bisa nerima transferan
Tolong di jawab

Kalo sudah gak dipake 4 tahun gimana apakah masih aktif ?
Saya menggunakan bank sumsel babel

ini untuk lebih jelasnya bacahttps://yecicatyo.blogspot.com/2019/02/ini-tanda-rekening-kamu-sudah-nonaktif.html

Sya punya atm udah lama ga di isi .trus ada yg transfer .keterangan nya berhasil.tapi ko pas saya cek saldo tidak bisa

Rekening bpk jelas sdh passive. unutk mengaktifkannya kembali silakan datang ke bank ybs

Istatus rek saya masih bisa setor tunai dan menerima kiriman pass saya mau melakukan tarikan tunai lewat mesi Atm tapi tdk bisa.
Tlong jawabangnya gimna istatus rek saya suda non aktif atau bersipat pasif.

Jika istatusnya pasif apa bisa diurus tampa melalui kantor bank.

Rek saya bisa cek saldo dan setor tunai cuma tdk bisa melakukan tensaksi tranfer dan tarikan tunai

Rek CIMB clik niaga saya di nonaktifkan apakah bisa di aktifkan kembali tanpa harus ke kantor karna jadwal pekerjaan saya padat tidak ada waktu luang untuk mengurusnya mksh

mau tanya dbntu jawab ya, kalau rekening pas dicek dmesin atm trus ada pemberitahuan tdk dperbolehkan mengkases, hrp hubungi cs terdekat, tp bisa pas dtrasfer uang dan berhasil apakah bisa di ambil y uang transferan nya ?

Saya mau nanya kalau sy ingin mengecek no rekening secara online bgm dan sy hanya pegang atm nya saja.mhon penjelasanya

Uang syh pernh hilang di Atm, wktu syh di tipu dpt uang, klu atm syh di isi lgi, itu kira2 akan hilang lgi apa tidak?
Mohon info yh...

Maaf kalo rekening mandri sudah 5bln tidak ada aktvts dan saldo o apa masih bisa menerima trsfran .

Mau tanya jrang nabung ke atm bri tapi waktu awal bulan agustus ada yg nerasfer masih trus masih bisa di ambil uang nya ..apakan sekarang juga atm bri saya masih aktip ga ya tapi aku sisain waktu itu buat saldo na aja 50ribu..mhon bantuan nya

Mau nanya akun kan punya atm bni kebetulan kemarin aku isi sejuta cuman tidak bisa transaksi atau tarik uangnya nggak bisa dan transfer ke atm lain pun nggak bisa

Rekening saya sudah beberapa bulan tidak digunakan. Ketika saya melakukan transfer ke bamk lain tidak bisa, saya hanya bisa menerima transfer saja, tapi saya juga tidak bisa tarik tunai via ATM?

Maf mau nanya atm saya sudah hampir setahun tidak ada tranferan trs tadi saya cek saldo masih bisa tapi saldonya 0 .. Dan apalah atm saya masih aktif gak kalo di tranfers

Tolong di bantu
ATM saya sudah tidak di pakai sekitar 6 bulan tapi knp sudah tidak aktif lagi, saya coba transfer dari atm lain tapi invalid.. mohon bantuannya

Numpang nanya gan kalo atm bisa buka saldo....disitu tertulis saldo 0 itu berati masih aktif apa tidak gan?terus bisa dikirimi transferan kafak gan?trimakasih

terima kasih ya informasinya, pernah kejadian transfer beda bank sukses tapi no. rek tujuan sudah non aktif

Maaf, mau tanya kalau rekening yg terakhir transaksi 2th lalu sisa saldo tinggal 25rb, kalau mau di aktifkan kembali harus bayar apa aja ya?

Mau tanya, ATM saya Bank permata saldo tinggal 20.000. sudah 3 bulan tidak ada transaksi, apakah ATM saya masih aktif??

Atm bri dan buku tabungan saya hilang...jdi mau cek aktif atau tidaknya gmna y.teimks

Mau tanya mas bulan 3 kmrn kan saya buka rekening bank BJB dan saya isi saldo 50rb kira2 skrg masih aktf g ya???

Rekening saya sudah 6bln lebih tidak ada transaksi apapun, dan kalau melakukan transfer ke rekening tsb apakah uangnya bisa ditarik tunai?? Trmksh

Rek BRI saya sudah 2 tahun tidak ada transaksi. Apa otomatis dinonaktifkan? Trus kalau ada tranferan apa masuk atau gagal? Mohon penjelasannya. Krn saya blom sempat ke bank Krn pandemi ini

Saya transfer keteman saya melalu BRI link ,
Dan transfer saya pun berhasil ada bukti resi nya
Tetapi teman saya bilang rekening dia sudah terblokir . Jadi gak mungkin masuk
Jadi pertanyaan saya , apakah bisa rekening yg terblokir uang nya masuk ?
Atau uang yang saya trasfer di BRI link tadi gagal ? Tapi agen bri link nya ada kasi resi berhasil transaksi nya

Mau nanya knp ya td pas ngecek saldo koq ga bs 'untuk sementara tidak dpt transksi' knp ya itu

Saya mau nanya ATM saya kan BCA tetapi saya tidak menabung selama 8 bulan apakah masih aktif atau tidak?tetapi setiap kali KK saya transfer saldo tersebut selalu 0

Mau tanya atm saya kan sudah 2.5bulan tidak terisi saldo nah kemarin saya coba transfer dari atm bank lain dan transaksi sukses.tp setelah saya cek kok saldo atm saya masih 0 ya mohon pencerahanya.

Mau tanya kalau rekening di blokir bank atas permintaan BNN apakah uang transferan bisa masuk lagi ke rekening tersebut tks..

Mau tanya atm saya kan sudah 2.5bulan tidak terisi saldo nah kemarin saya coba transfer dari atm bank lain dan transaksi sukses.tp setelah saya cek kok saldo atm saya masih 0 ya mohon pencerahanya.

Sdh pasif mba. Cba tny ke bsnk lgsng dsn bwabukti trfnyaa.

Saya punya rekening BNI, saya transfer dari mandiri 10rb berhasil, udah hampir setahun tidak buat transaksi, apakah termasuk pasif? Bila di tranfer uang apakah masih bisa di ambil di ATM tanpa harus ke bank BNI?

Atm saya sudh 1 thun gk dpkai apkh msih bisa buat transfer?

Mau tanya kak...aku kan punya keb Hana Bank . Terus gak dipakai dari bulan Maret 2020 sampe sekarang . Itu udah nonaktif apa bisa digunakan kembali yah . Minta pencerahannya kak

Saya mau tanya kemaren satu tahun yg lalu saya bukak rek di bca untuk tahapan expresi tpi skrag sudah mati no rek nya seandainya saya mau bukak rek di bca lagi dgn tahapan tabungan apa bisa ?

Saya mau tanya kemaren satu tahun yg lalu saya bukak rek di bca untuk tahapan expresi tpi skrag sudah mati no rek nya seandainya saya mau bukak rek di bca lagi dgn tahapan tabungan apa bisa ?

Saya sudah tidak melakukan transaksi selama 3tahun apakah buku tabungan saya Mash bisa digunakan atau tidak

Kak saya mau tanya², saya kan buat rek sumsel babel februari 2021 ini, saldo di rek 100rb pertama pendaftaran, dan tidak pernah transaksi lgi sampai di bln juni ini, apakah rekening saya bisa dikatakan msih aktif atau tidak ya?

Punya saya sudah 3 thun tidak dipkai untuk transaksi saldonya 150 ATM nya sudah kadaluwarsa apakah itu sudah nonaktif

mau. tanya kak.
di chek di atm saldo saya ada 1juta. tapi gak bisa melakuan transaksi menarik uang atau transferan.
bisa di jelaskan kenapa ya kak?

Maaf saya mau tanya jadi saya kan punya atm mandiri jadiselama saya transaksi tapi engga di isi saldo nya dan setelah 3 bulan engga bisa lagi cek saldo itu kenapa ya dan setiap mau abil pasti di layarnya tulisanya trankasi gagal dan langsung keluar sendiri deh atmnya

Saya mau tanya,,Rekening BRI saya sdh tdk pernah di pakai selama 11 bln apakah masih bisa di pakai..??

Maaf sya mau tanya klo atm yg sudah fasif,trus klo mau aktifin yg bersangkutan kga bsa hadir krna sakit,apakah bsa di wakilkan sama pihak keluarga,dan apakah harus bwa surat kuasa,

Nomer rekening sudah terblokir apa masih bisa terima transaksi ?


EmoticonEmoticon