Ini Tandanya Rekening Bank Kamu sudah berstatus Pasif

Punya banyak rekening bank tapi sudah jarang dipakai transaksi akhir akhir ini? eiiitttt jangan jangan rekening kamu sudah berstatus pasif. Masa sih? 

Nerstory.,- Banyak sekali rekan rekan sekalian yang bertanya mengenai status rekening bank mereka pada salah satu postingan saya yakni bagaimana cara mengetahui rekening bank masih aktif atau tidak. Oleh sebab itu, saya menyempatkan diri menanyakan langsung perihal tersebut kepada customer care beberapa bank agar mendapat info yang valid dan jelas.
Suatu rekening bank akan berstatus pasif apabila selama 6 (enam) bulan berturut turut tidak terdapat transaksi dalam rekening, kecuali transaksi oleh sistem seperti pembayaran bunga, pembebanan pajak, biaya administrasi bulanan dan denda, maka rekening tersebut akan secara otomatis menjadi rekening pasif. 

Jadi hayo diingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu mentransfer uang ke rekening tersebut atau melakukan aktivitas transfer, pembayaran atau pembelian suatu produk melalui rekening tersebut. Bila sudah lebih dari 6 bulan berturut turut kamu tidak melakukan aktifitas transaksi maka dapat dipastikan rekening kamu sudah bertatus pasif. 

suatu rekening yang sudah berstatus pasif masih bisa menerima transfer dan tarik tunai tapi sudah tidak dapat melakukan aktifitas transfer keluar. Jadi ini salah satu tanda yang paling nampak dari rekening pasif. bila tiba-tiba kamu tidak bisa mentransfer uang ke rekening lain padahal ketika kamu cek saldo, saldo pada rekeningmu masih cukup, berarti rekening kamu sudah berstatus pasif atau rekening yang kamu tuju sudah berstatus nonaktif. 
jadi untuk mengecek status rekening yang sudah lama tidak dipakai, anda bisa mencoba mentransfer sejumlah uang ke rekening tersebut. caranya bisa dibaca disini.

Dan Apabila kamu sudah mengetahui rekening bank kamu sudah berstatus pasif dan kamu berniat mengaktifkannya, begini cara mengaktifkan kembali rekening bank yang sudah berstatus Pasif.

Demikian artikel ini, semoga bisa menjawab pertanyaan dan masalah rekan-rekan sekalian. Jangan sungkan komen  ya,, yuk sharing masalahnya!


8 komentar

kalau saya ada rekening BCA dan ada klik banking nya, sudah lebih 6 bulan tidak terpakai, saat dicoba transfer dari sesama BCA menggunakan ATM masuk tapi langsung di sedot Admin sampai minus apakah artinya rekening saya masih aktif tapi pasif? Terimakasih

betul. aktif tapi sdh bersifat pasif

Kalau masih aktif meskipun bersifat pasif, masih bisa dipakai kan rekening kita?

Saya punya ATM bank bank sumsel tapi selama bikin smpek skrng blm digunakan sama sekali seperti disi ataupun transfer kira2 masih aktf apa nggak ya

Nah kan katanya kalo rek nya itu pasif tp masih bisa nerima transfer dan tarik tunai itu berlaku untuk sesama bank atau bisa juga nerima transfer dr luar negeri???

rekening BNI saya kenapa tidak bisa di gunain ya
apa sudah mati
mohon info nya

Rekening saya sdh 12 bulan tidak aktif, dan saya mengurus BPJS dan katanya sudah ditransfer ke rekening saya
Dan ternyata rekening saya sudah close
Dan saldo BPJS saya juga sudah 0
Pertanyaan saya !
Saldo saya apakah kepotong biaya bulanan rekening saya atau gimana

katanya rekening saya berstatus pasif,, tapi kok bisa adabtransaksi yang tidak saya kenal


EmoticonEmoticon