Ini Tanda Rekening Kamu Sudah Nonaktif. Simak Apakah Bisa diaktifkan kembali?

karena banyakanya pertanyaan pada postingan saya sebelumnya, maka saya berinistiatif menulis artikel yang khusus membahas mengenai rekening bank yang sudah berstatus nonaktif. apakah rekening bank yang sudah berstatus nonaktif masih bisa diaktifkan kembali?
Nerstory,- Ada banyak yang bertanya bagaimana status rekening yang sudah bertahun tahun tidak dipakai? termasuk menerima dan dan melakukan transaksi apapun seperti tarik tunai, menerima transferan atau melakukan aktifitas transfer. Jawabannya simple. Bila saldo dalam rekeningmu mencukupi untuk biaya pemeliharaan rekening tersebut selama rekening itu tidak dipakai, maka status rekening kamu masih akan berstatus pasif. Baca disini mengenai rekening pasif. 



Namun bila saldonya sudah tidak mencukupi bahkan untuk biaya pemeliharaan rekening seperti biaya adm, potongan pajak, bunga dll dan sudah tidak dipakai selama lebih dari enam bulan beturut-turut maka setelah rekening kamu dinyatakan pasif, pihak bank akan otomatis menonaktifkan rekening tersebut. Pihak bank akan menganggap rekening tersebut sudah tidak dipakai atau ditinggalkan pemiliknya. Oleh karena itu bila suatu rekening sudah tidak ingin digunakan lagi, sebelum saldo dalam rekening tersebut habis hanya  untuk dipotong biaya administrasi bulanan, ada baiknya kamu mendatangi bankmu dan meminta rekeningmu dinonaktifkan sehingga, saldo yang tersisa dalam rekening tersebut bisa dicairkan. 

Bila rekeningmu sudah dinyatakan nonaktif oleh pihak bank, berarti rekening tersebut sudah tidak memiliki saldo atau malah saldonya bisa minus. lho kok bisa? iya bisa dong, Bila rekening tersebut hanya menyisakan saldo yang cukup untuk biaya pemeliharaan kurang dari 6 bulan, status rekening tersebut masih akan aktif sampai waktu 6 bulan sebelum dinyatakan pasif lalu dinonaktifkan karena saldonya sudah minus.

Nah, mengenai rekening bank yang sudah dinyatakan nonaktif, apakah masih bisa diaktifkan kembali seperti rekening pasif? jawabannya TIDAK. Setelah suatu rekening dinyatakan nonaktif, data-datamu pada rekening tersebut akan otomatis dihapus oleh pihak bank yang bersangkutan karena rekening tersebut sudah dianggap ditinggalkan oleh pemiliknya. Bila kamu meminta diaktifkan kembali rekening bankmu yang sudah dinonaktifkan, kamu akan disarankan untuk membuka rekening baru walaupun dengan data sama dan dengan nomor rekening berbeda. Tidak bisa menggunakan no rekening yang sama.


Dan sedikit info tambahan, sebenarnya dari biaya adm bulanan rekening yang sudah tidak dipakai atau ditinggalkan oleh pemiliknya tapi tidak diurus untuk penonaktifannya, bank mendapatkan keuntungan dari pemotongan biaya bulanan sampai saldo direkeningmu habis. Jadi sebaiknya, urus penutupan rekeningmu bila dirasa rekening tersebut sudah tidak akan digunakan lagi untukkeperluan apapun atau kamu sudah memiliki rekening lain di bank lain yang lebih aktif kamu gunakan. 

sekian dan terima kasih. semoga bermanfaat.




3 komentar

Bisakah mengaktifkan kembali rekening yang dinyatakan
nonaktif

Bisakah mengaktifkan kembali rekening yang dinyatakan
nonaktif secara online

Gimana dgn kartu atm nya min, apa bakal diganti juga?


EmoticonEmoticon