7 hal yang rugi banget kalau gak dilakuin selama liburan..(khusus untuk cewek)


Hai girls, gimana siap berlibur? Ya dong siapa yang gak siap kalau diajak berlibur, apalagi setelah rutinitas  kerja atau kuliah yg melelahkan. Tentu saja Liburan selalu di nanti semua. Biasanya yang kayak gini, mahasiswa rantauan yang kuliah jauh dari orang tua dan para sisia yang baru saja selesai ujian semester pasti antusias banget kalau mendengar kata liburan…
Berlibur atau liburan gak harus pergi ke suatu tempat di  luar luar kota atau bahkan keluar negeri lho girls... Liburan yang dimaksud penulis adalah, menikmati waktu luang di luar dari rutinitas  keseharian kita biasanya, seperti mahasiswa atau siswa sekolah yang berlibur setelah ujian semester, atau pegawai kantor yang sedang tidak kerja karena tanggal merah. Banyak hal positif dan menginspirasi yang bisa kita lakukan selama liburan, tanpa harus pergi ke suatu tempat dan  mengeluarkan biaya , jadi hanya di rumah atau jalan di kota tempat tinggal. Tapi, jika memang ada biaya untuk berlibur ke suatu  tempat di luar kota, apa salahnya kan? Buat yang gak punya biaya dan gak diizinin bokap nyokap, jangan ngiri yaa.. cause, hal-hal di bawah ini, bisa bener benar membuat liburan kalian bermakna sekaligus bermanfaat walau gak kemana-mana (baca : hanya dirumah dan di kota tempat tinggal) , lhaa kok bisa? Gak percaya?  let’s check it out..

1.      Belajar Memasak
Hayoo siapa yang suka makan? Gak ada dong, yang gak suka. Kalau emang pada suka makan, mulai belajar masak dong! Dimulai dari memasak makanan kesukaan kita sendiri deh,  mulai bantu dan perhatikan saat ibu kita masak di dapur, apa sih yang beliau masak utuk hari ini, untuk itu  kita emang wajib nongkrong di dapur bantuin beliau dan akhirnya mulai belajar memasak masakan yang beneran, rebus rebusan, tumis tumisan, pindang-pindangan, sampai pada masakan chef professional.. ceileee, tapi serius lho girls, memasak selama liburan bener-bener menyenangkan, selain menambah perbekalan kita untuk menjadi seorang ibu nantinya, juga bisa melatih kita mengolah rasa dan membumbui setiap makanan. Gak percaya?, monggo dicoba!

2.       Ikut ibunda berbelanja
Suatu hal sederhana yang seringkali dilewati gadis gadis, banyak yang gak suka  karena harus becek becekan di pasar tradisonal dan gak bisa  karena harus bangun pagi dan ikut ibu belanja itu malaasnya luar biasa.. tapi dibalik itu banyak lho manfaat yang bisa kita dapat kalau ikut berbelanja sama sang bunda yang tanpa kita sadari tentunya. Hayoo apa aja? Salah satunya keterampilan mix n match sayur n lauk yang akan dimasak nantinya. Kita emang harus ikut utuk tau bahan apa aja yang perlu dibeli, kalau mau memasak makanan yang kita inginkan, selain itu adapula ilmu tawar menawar yang jitu dari sang bunda. Oke girls, mulai besok mari ikut ibunda berbelanja..

3.      Beres beres rumah
Gimana bisa, beres beres dibilang menyenangkan? Bisa dong! Kalau beres beresnya sambil ngerapiin rumah dan menata ulang susunan rumah atau kamar sesuai yang kita inginkan ditambah lagi ngerapihin album-album foto jadul sambil melihat lihat foto masa kecil dan foto kenangan, kocak n lucu banget pastinya..  kalau blm dicoba, monggo segera..


4.      Hang out dan wisata kuliner bareng temen
Selama liburan, kita paling malas yang namanya keluar rumah, apalagi sedang musim hujan seperti sekarang, berasa lebih enakan tidur sampai puas dan malas-malsan, tapi girls jangan salah, sekedar menghubungi teman lama dan hang out bareng atau silaturahmi ke rumahnya bisa jadi hal yang menyenangkan, karena selain bisa menjalin kembali silturahmi ke temen temen, juga bisa lebih mengenal daerah tempat kita tinggal dengan mengunjungi tempat-tempat yang jarang atau belum pernah kita datangi, mengunjungi tempat makan favorit kita dan memanjakan lidah. Tak jarang pula, hang out ini bisa membuat kita menemukan teman baru, syukur syukur cinta hahaha :D  karena teman kita itu juga ngenalin teman-teman dia ke kita.

5.      Berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kerabat
Nah, jika selama kuliah, sekolah ataupun kerja kita bakal susah ketemu dan menyapa sanak keluarga kita, saat liburan inilah waktu yang pas. Berkunjung dan bercerita hal hal yang menyenangkan akan bisa mempererat tali silaturahmi , menanbah keintiman. Nah kalau perlu kita bisa beneran ngadain acara keluarga, sekedar acara makan-makan bareng dan sebagainya.

6.      Ikut ibunda kondangan
Nah lho, kenapa juga ikut kondangan itu menyenangkan? Mungkin bagi sebagian orang kondangan justru hal yang membosankan. Tapi girls di sinilah saatnya kita show up, ceilee. Ikut ibunda kondangan itu bisa membuat kita mengenal teman-teman ibunda kita, dan sekalian ibu kita bisa mengenalkan kita ke temen-temennya. Betapa bangga nya beliau bisa mengenalkan gadis cantiknya ke teman-teman beliau dan tanpa sungkan menyapa temen-temanya. Syukur syukur jadi dapet calon mertua deh tuh hahaha :D

7.      Mengembangkan hobi
Jika selama kuliah, sekolah dan kerja kita gak bisa bener bener mengembangkan hobi karena terlalu sibuk dengan rutinitas , saat liburan ini waktu yang tepat. Mulai dari hal hal yang benar-benar hobi kita seperti menonton film, selama liburan kita bisa menghabiskan waktu menonton walaupun sampai  tengah malam karena besok gak ada kesibukan berarti, begitu juga dengan menulis, membaca  novel, browsing, mengedit foto and video, mecoba menjadi photographer dan sebagainya. Lakukanlah! karena dengan begitu kau baru benar benar terlepas dari berbagai macam agenda dan kewajiban. Saatnya manjakan dirimu dengan aktivitas yang bisa  membuatmu berkata, this is me, this is real  ( baca:  menjadi diri sendiri)
Memang menyenagkan bisa mengisi hal hal positif selama liburan dengan ataupun tanpa biaya berlebih dan gak harus keluar kota. Menjadi sedikit terbuka dengan hal hal baru d isekitar kita dan mencoba menikmati liburan yang walaupun gak pergi kemana mana dan hanya di rumah saja, itulah yang namanya quality time dengan keluarga.
Akhirnya, setelah liburan berakihir dan kita pasti akan kembali ke rutinitas awal, saat menjalani rutinitas itulah, kita bisa lebih focus dan fresh utuk kembali ke rutinitas awal kita. so bisa lebih punya daya untuk berkarya  dan memberi manfaat untuk semua..


EmoticonEmoticon