Contoh Teknik imajinasi terbimbing (Teknik Guided Walking Imagery) untuk Manajemen Nyeri Nonfarmakologis


Penatalaksanaan Nyeri dengan Teknik Imajinasi Terbimbing

 salah satu teknik manajemen nyeri non farmakologis adalah teknik imajinasi terbimbing (Guided Walking Imagery).

  • Guided Imagery adalah sebuah teknik yang menggunakan imajinasi dan visualisasi untuk membantu mengurangi stress dan mendorong relaksasi.
  • sebuah teknik relaksasi yang bertujuan untuk mengurangi stress dan meningkatkan      perasaan tenang dan damai serta merupakan obat penenang untuk situasi yang sulit dalam kehidupan. merupakan suatu teknik untuk mengkaji kekuatan pikiran saat sadar maupun tidak sadar untuk menciptakan bayangan gambar yang membawa ketenangan dan keheningan (National Safety Council,2004).
  • NB: semua orang bisa melakukan teknik ini untuk mengurangi nyeri, bukan orang yang sudah profesional saja. pastikan suasana sebelum melakukan teknik ini tenang dan damai  hingga pasien bisa mengikuti segala instrusksi. kata-katanya bisa disesuaikan dengan kondisi dan ingatan klien. selamat mencoba! 
  • berikut ini contoh teknikTeknik Guided Walking Imagery
VIDEO TEKNIK GUIDED WALKING IMAGINARY 

Mulai dengan melemaskan seluruh tubuh anda, tarik nafas perlahan sambil memejamkan mata dengan lembut…ketika anda telah merasa rileks, coba anda imajinasikan bahwa anda kembali ke suatu masa yang sangat berkesan, indah dan paling membahagiakan dalam hidup anda. Anda dapat memilihnya sendiri, suatu masa yang sangat menyenangkan bagi anda dan dapat dengan mudah anda ingat. Suatu masa yang selama ini benar-benar anda rindukan…

Bayangkan saat tersebut…Rasakan hal tersebut semakin jelas… semakin nyata.. rasakan bahwa anda mulai dapat merasakan anda kembali di masa itu.. anda benar-benar berada di saat itu bersama orang-orang yang menyayangi Anda… anda benar-benar mulai dapat mengamati keadaan sekeliling, melihat dan merasakan.. hal-hal yang menyenangkan dalam hidup anda.. merasa lebih rileks, nyaman, tenang dan santai…nikmati semua perasaan yang anda rasakan.. semakin nyata, semakin jelas anda benar- benar menikmatinya… rasakan bahwa hal ini sangat nyata.. anda benar-benar berada di sana… silakan anda menikmatinya, tinggal disana selama yang anda inginkan, sangat nyata, sangat jelas dan sangat menyenangkan…saat anda terbangun rasakan hal tersebut benar-benar telah anda rasakan kembali…

Selengkapnya saksikan videonya dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=t4V5qrAsC9o

1 komentar:

Berpikir kreatif membantu membangunkan kreativitas.


EmoticonEmoticon