Peran Perawat dalam masa post partum (pasca Melahirkan)

*Masa post partum adalah masa sejak melahirkan sampai pulihnya alat-alat reproduksi dan alat tubuh lainnya yang berlangsung sampai sekitar 40 hari (kamus besar bahasa Indonesia, 1990).

*Peran perawat adalah membantu ibu beradaptasi baik fisiologis maupun psikologis sampai pada kondisi yg optimal tercapai.

*Bila adaptasi normal tidak tercapai, hal ini tidak hanya mengganggu ibu tetapi dapat juga mempengaruhi kesehatan bayi dan proses keluarga. Perawatan ibu post partum di RS hanya berlangsung singkat, maka perawat perlu menetapkan rencana yang efektif dari mulai pengkajian sampai evaluasi dan mempersiapkan ibu kembali ke masyarakat.


*Intervensi keperawatan meliputi

-perawatan fisik secara langsung, dukungan kpd ibu dan keluarga dalam menerima anggota baru dan pendidikan kesehatan utk ibu dan perawatan bayinya.

-Setelah ibu berada diruang post partum, baru dapat menentukan pendidikan kesehatan yang diperlukan ibu post partum, bayi dan keluarganya dan selanjutnya merujuknya kpd perawat komunitas.

*Post partum dibagi menjadi tiga fase yaitu:

1. Immediate pastpartum (24 jam pertama),

2. Early postpartum (berlangsung sampai minggu pertama)

3. Late postpartum (berlangsung sampai masa postpartum berakhir).

Perubahan sangat besar dan dan sangat beresiko terjadi pada masa immediate dan
early postpartum.

untuk lebih jelasnya, silahkan klik Video perawatan pasca melahirkan (Post Partum Care) di bawah ini. selamat belajar, semoga bermanfaat.. :)


posted from Bloggeroid


EmoticonEmoticon