8 cara ampuh dan cepat membasmi dan mencegah penularan kutu rambut sampai tuntas

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Kutu rambut biasanya menyerang kaum hawa terutama anak anak.
Nerstory-   Kutu rambut atau pediculus humanus capitis adalah sejenis parasit pengisap darah yang tumbuh dan berkembang di rambut kepala. berikut ini adalah klasifikasi Kutu rambut secara ilmiah. Berikut ini fakta fakta kutu rambut yang harus kamu ketahui.

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : InsectaOrdo : Siphonapetra
Family : Pulicadae
subfamily : Pulicinae
Gebus : Pules
spesies : P. Irritans
Nama Ilmiah : Pediculus Humanus Capitis

Sumber: Wikipedia


( pic prom google image)


Kutu rambut bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Kutu rambut biasanya menyerang kaum hawa terutama anak anak. Lihatlah betapa sering kita menjumpai kegiatan 'mencari kutu rambut' yang biasa dilakukan oleh kaum ibu kepada anak gadisnya. hal ini yang ditemui penulis selama perjalanan di kereta bukit serelo jurusan Tebing tinggi-kertapati. Sang ibu sampai berdecak "gimana sih kamu bisa dapat kutu rambut ini!!"

Eittss jangan salah. Kutu Rambut ini penyebaran cukup cepat dan kadang tidak disadari. kebanyakan kaum ibu baru mengetahui anakanya terkena kutu rambut setelah si Anak mengaku kulit kepalanya gatal atau sang ibu memperhatikan kebiasaan menggaruk kepala anak yang sudah berlebihan. saat itulah ketika dicek, terlihat banyak telur kutu yang yang menempel kuat di helai-demi helai rambut si anak. dan hebatnya ketika kita memecahkan telur tersebut dengan menekannya memakai kedua kuku maka akan berbunyi 'tass'' itu menunjukkan bahwa terlur kutu tersebut berisi calon embrio kutu rambut yang siap menetas dan menghisap darah di rambutmu sesuka hati sampai kenyang  bahkan gak bisa gerak lagii. iieeww seremm..

 ( pic prom google image)


Biasanya kalau sudah kejadian begini, sang ibu cuma sabar terus berusaha memburu kutu-kutu serta menetaskan telurnya berharap perkembangan parasit tersebut akan berkurang. Cara paling sederhana yang biasa dilakukan adalah menggunakan sisir rapat (nama lain kalau bahasa kami: sugu kerap) yaah sisir ini punya gerigi yang begitu rapat sehingga memungkinkan kita menjaring kutu denga lebih cepat dan efektif. Lalu apakah cara ini cukup? TIDAK!!!

karena apa? karena sudah  begitu banyak telur kutu yang sudah terlanjur menempel di helai demi helai rambut dan tentu cara tradisional ini tidak akan cukup. berikut ini adalah cara membasmi dan mencegah penularan kutu rambut.

1. Jangan menggunakan handuk mandi yang sama dengan penderita. Hal ini dikarenakan kutu atau beberapa telutnya yang siap menetas akan menempel di handuk yang biasanya digunakan oleh penderita dan siap berpindah ke rambut lain yang kebetulan menggunakan handuk yang sama.

2. Jangan tidur satu ranjang apalagi satu bantal dengan penderita. hal ini memungkinkan kutu bermigrasi dari rambut penderita ke tempat lain. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni saat anak kita atau kita berencana menginap ditempat lain seperti kerabat atau sahabat dekat. pastikan mereka tidak kutuan yaa :D

3. Jangan memakai sisir yang sama dengan penderita. karena kebanyakan bakal kutu alias telurnya sering menempel di gerigi gerigi sisir. kalau terpaksa, rendam sisir tersebut selama 4 jam memakai larutan  alkohol.
( pic prom google image)

4. Usahakan tidak memakai perhiasaan rambut yang sama dengan penderita. seperti jepit rambut, kuncir rambut yang bahan kain, Wig dll.

5. Bagi yang memakai jilbab jangan suka sembarangan meminjam jilbab teman karena kita tidak pernah tahu mungkin saja ada kutu rambut yang menempel disana. hal ini juga berlaku untuk topi.

6.  Bersihkan semua karpet atau alas tidur penderita menggunakan vakum cleaner secara teratur.

7. Waspadalah ketika anda terpaksa mandi di sungai atau tempat umum seperti kolam renang. Hal ini memungkinkan telur kutu yang masih aktif bahkan kutunya bermigrasi ke rambut anda melalui aliran air.

8. Gunakan Shampoo khusus pembasmi kutu rambut yang bisa di temukan di Apotek terdekat. salah satu merk yang dikenal cukup ampuh yakni peditox. baca dahulu aturan pakai sebelum menggunakannya.

dan semogaaa kita semua bisa terhindar dari semua jenis parasit. bukan hanya kutu saja lhoo. banyak banget parasit disekitar kita yang kadangkala tidak tampak tapi yaah namanya parasit tetap rugi di kita tapi untung di dia :P  namanya juga parasit. **memang kau parasit.. *sambilnyanyilagunyagitagutawa :D


EmoticonEmoticon