Berapa sih Gaji Enumerator?



Bila anda sampai pada blog ini, berarti anda cukup peduli untuk mengetahui berapa sih gaji seorang enumerator? Kenapa orang berbondong-bondong sekali ingin melamar menjadi enumerator?


Nerstory,- Pekerjaan sebagai enumerator benar benar menuntut kesedian waktu, komitmen dan kerja keras seseorang. Kontrak kerja sebagai enumerator biasanya bersifat sementara hingga penelitian tersebut selesai. Ada kontrak yang hanya seminggu, ada yang sampai tahunan dan mengharuskan anda untuk turun langsung ke lapangan bahkan harus menginap di suatu tempat yang mungkin belum pernah anda kunjungi. Selain itu Enumerator bertanggung jawab atas keabsahan dan kevalidan data yang sudah dikumpulkan. Bila ada data yang dianggap kurang jelas, informasinya kabur ataupun kesalahan  dalam menetapkan sampel maka sudah sepantasnya enumerator mendatangi kembali tempat penelitian tersebut dan mengambil data ulang. 


Seorang enumerator dituntut untuk bekerja full time karena tidak jarang enumerator juga bertugas sebagai data entry dan harus memastikan data-data tersebut dimasukkan dengan benar dan diterima oleh tim monitoring. Untuk beban kerja yang tidak ringan tersebut, maka enumerator  sudah sepantasnya mendapat gaji yang sepadan. Namun hal ini juga tergantung dengan lembaga penelitian tempat anda bekerja sebagai enumerator. Jika anda bekerja sebagai enumerator untuk lembaga NGO yang bersifat non profit, jangan mengharapkan salary yang besar. Namun jika anda bekerja untuk lembaga penelitian internasional atau lembaga penelitian kementrian maka anda bisa setidaknya berharap gaji yang diperoleh cukup untuk membeli beberapa barang yang memang anda impikan. 

Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut kita akan membahasa berapa sih gaji seorang enumerator?

Umumnya enumerator digaji perhari, meliputi uang makan, uang penginapan, uang jalan dan uang saku. Masing masing jumlahnya akan berbeda sesuai dengan lembaga penelitian tempat anda bekerja dan daerah penelitiannya (dalam kota atau dipelosok daerah). Selain itu yang tak kalah menentukan adalah jumlah hari kontrak anda sebagai enumerator dan keuletan anda dalam mengatur pengeluaran akan sangat mempengaruhi total gaji bersih yang akan anda peroleh. Namun yang perlu diingat, jika waktu pengambilan data anda melebihi estimasi waktu yang sudah disepakati sebelumnya, maka kelebihan hari tersebut tidak akan dibayarkan. Jadi pintar-pintarlah memanfaatkan waktu yang diberikan.
Sebagai bahan acuan atas pengalaman saya selama menjadi enumerator risnakes tahun 2017 berikut rincian upah yang diperoleh:

Uang pelatihan                                                                 :@150.000/hari (dikali jumlah waktu pelatihan
                                                                                             +privilege menginap dihotel bintang 3 atau 4)
Uang jalan ketika berangkat ke tempat pelatihan         :@ 150.000 (pulang-pergi sekali bayar)
Uang jalan (dalam dan luar kota)                                    :@150.000 (2x pulang-pergi)
Uang makan dan penginapan                                         :@150.000/hari (dalam kota)
                                                                                              @310.000/hari (luar kota)
Uang saku                                                                          :@200.000/hari

Dikalikan berapa lama kontrak kerja pengambilan data.

NB: Cermati benar isi kontrak dan gaji sebelum memutuskan tanda tangan. Jangan sungkan untuk bertanya jika hitung-hitungan uangnya tidak sesuai dengan perhitungan anda!

Gimana cukup menggiurkan bukan? Namun jika anda orang yang cukup boros dan kurang bisa mengatur pengeluaran maka diakhir kontrak anda akan memperoleh tidak cukup banyak upah disebabkan anda sudah terlalu banyak memakai uang sendiri selama diperjalanan. Oke guys semoga menjadi Enumerator yang jujur, amanah dan berintegritas.

Bonus Foto enumerator RISNAKES 2017


1 komentar:

Apakah di kantor dinaskoperasi dan umkm, pembayaran sama seperti uraian diatas?


EmoticonEmoticon