Sekedar ingin
share contoh laporan pertanggung Jawaban saya dulu sebagai Kepala
departemen Pengabdian masyarakat BEM KMIK FK Unsri. sudah hampir 2 minggu sejak
saya disuksesi dan pengangangkatan Bupma baru di PSIK. berarti sudah hampir 2
minggu pula saya jadi "pengangguran". karena setelah suksesi
itu saya memutuskan untuk rehat dan pensiun dari seluruh aktivitas
keorganisasian. bukan kegiatan sosial ya. kalau yang satu ini, kapan saja ada
kesempatan dan waktu, saya pasti akan meluangkan untuk ikut. so guys,
saya harap contoh LPJ saya bisa berguna untuk temen temen yang memerlukannya.
sekedar info : LPJ adalah laporan pertanggung jawaban seorang yang menjadi
kepala atau ketua dan sebagainya untuk disampaikan pada akhir masa periode
jabatannya. jadi intinya LPJ ini akan meriview seberapa berhasilkah tau
mereview kinerja kita selama periode kepengurusan. oke guys, let's Check it out
Bismillahirahmannirahim
Assalaamu’alaykum wr. wb.
Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah dicurahkannya kepada kita semua,
shalawat dan salam juga tak lupa kita haturkan untuk kekasih-NYA yang kita
rindukan Rasulullah Muhammad SAW yang senantiasa mencintai dan memberikan
tauladan yang baik bagi umatnya.
Departemen pengabdian masyarakat adalah
departemen yang bertanggung jawab dalam meningkatkan kepedulian, skill dan
kompetensi mahasiswa IK Universitas Sriwijaya dalam upaya pengembangan dan
pengabdian kepada masyarakat.
Alhamdulillahirabbil’alamin, kami ucapkan teruntuk Allah SWT di
penghujung amanah yang dipercayakan kepada kami, seluruh rekan rekan Departemen
pengabdian Masyarakat. Banyak hal yang telah kita lalui bersama, banyak waktu
dan pengalaman yang telah kita bagi bersama, hingga tak pernah habis ucapan
terima kasih dari kami para rekan rekan pengmas atas kerjasama baik dari
seluruh anggota BEM PSIK FK UNSRI periode 2012-2013. Ucapan terima kasih pula
saya ucapkan selaku kadept pengmas, kepada rekan rekan pengmas yang telah
banyak meluangkan waktu dan bekerja sama dengan sangat baik dan solid selama
masa periode ini, terkhusus kepada, Arum, Kiki, Tiara, Nia dan Fitri. Atas
kerjasama dari rekan-rekan sekalian program kerja departemen pengabdian
masyarakat dapat berjalan dengan baik walaupun masih banyak kekurangan di
berbagai aspek. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan karunia-NYA kepada kita
semua. Aamiin
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Yesica Tria Enggriani’ 11
|
Kepala Departemen
|
2
|
Arum Kusuma Nirmala’12
|
Anggota
|
3
|
Kiki Rezeki Oktaviyani’12
|
Anggota
|
4
|
Tiara Putri Zulyana’12
|
Anggota
|
5
|
Nia Septiani’12
|
Anggota
|
6
|
Fitri Rahmadani’12
|
Anggota
|
·
Departemen Pengabdian Masyarakat
LPJ
DEPARTEMEN PENGABDIAN MASYARAKAT BEM KMIK PERIODE 2012-2013
No
|
Program
Kerja
|
Tujuan
|
Bentuk
dan Sasaran
|
waktu
|
keterangan
|
Evaluasi
|
1
|
Nurse
road to campus and village
|
Menunjukan
eksistensi mahasiswa Ik Usri, menciptakan pengalaman yang sebenarnya kepada
mahasiswa Ik dalam bentuk pengabdian masyarakat
|
bakti
sosial yang meliputi pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan BB, TB , cek
asam urat, glukosa dan konsultasi kesehatan.
Sasaran
: mahasiswa Unsri dan masyarakat pedesaan
|
Hari-hari
besar keperawatan dan kesehatan
|
Terlakasana
Bekerja
sama dengan BEM KM Unsri, BEM FKIP, BEM FK dan BEM FP.
Dari
data yang di rekap, terhitung lebih dari 463 mahasiswa dan masyarakat yang
berpartisipasi.
(sangat
direkomendasikan secara rutin)
|
bakti kampus dan bakti sosial ke
desa- desa ini diharapkan bisa menjadi agenda rutin, bukan saja pada saat
hari besar keperawatan seperti IND melaikan bisa di hari-hari perayaan yang
lain, sebagai bentuk pengabdian ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh
oleh seluruh mahasiswa ilmu keperawatan tentunya
|
2
|
Bina
Desa
|
membina
desa terpilih sebagai bentuk pengabdian masyarakat
|
Bentuk
: pengabdian masyarakat berupa,
penyuluhan, pemeriksaan kesehatan dll, yang bekerja sama dengan PMI,
BEM KM Unsri dan pihak-pihak yang
terkait.
|
Satu
kali dalam satu periode kepengurusan, waktu fleksibel
|
Terlaksana
, tapi belum maksimal dan kurang perencananan.
|
Waktu yang tiba-tiba dan mendadak. Dana yang minim.
|
3
|
SNC
Ar-Rufaidah
|
meningkatkan
skill mahasiswa IK dan memberdayakannya untuk kegiatan pengabdian masyarakat
|
pelatiahan
skill vital sign kepada mahasiswa IK,
terutama Mahasiswa Baru
|
minimal
4 kali dalam periode kepengurusan
(waktu
disesuaikan),
|
Terlaksana
sebanyak 3x.
|
Sulitnya menyamakan jadwal antar
kelas. SDM tutor yang sangat
minim.
|
4
|
Info
“we Care”
|
Memberikan
informasi sosial terkini yang meliputi informasi kegiatan sosial departemen
pengmas kepada mahasiswa
|
Mahasiswa
Ik khususnya, Mahasiswa Unsri Umumnya
|
kapan
saja saat ada info
|
Terlaksana.
|
Hanya beberapa kali dilakukan di
beberapa media sosial seperti blog pribadi dan FB, dan ada beberapa info
keperawatan yang kurang masif.
|
Demikianlah Laporan pertanggungjawaban departemen Pengabdian
Masyarakat BEM KMIK FK UNSRI. Kami
menyadari selama satu tahun periode kepengurusan ini ada beberapa proker yang tidak
dijalankan secara maksimal dan mungkin banyak lagi kesalahan dan kekurangan
yang kami lakukan, tanpa kami sadari. Untuk itu kami mohon maaf yang sebesar
besarnya kepeda Bupati dan Wakil Bupati BEM KMIK, seluruh pengurus BEM KMIK dan
seluruh mahasiswa IK Unsri. Sesungguhnya seluruh amanah ini akan
dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Untuk itu semua kekhilafan dan
kesalahan yang telah kami (selaku keluarga besar Depertemen Pengabdian
masyarakat) lakukan, mohon dimaafkan. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan
karunia-NYA kepada kita semua. Aamiin
Indralaya,
Februari 2014
Ka. Dept. Pengabdian Masyarakat
Yesica
Tria Enggriani
NIM
04111003050
EmoticonEmoticon