Review Aplikasi Bagi yang suka baca novel roman picisan : yook cobain WEBREAD

Nerstory,- Pertama kali ketemu aplikasi WEBREAD dari feed instagram ads.Developernya cukup gencar memasang iklan, sampai saya jadi ter notice. Yahhh itu kan memang tujuan dari beriklan, membuat orang lain menyadari keberadaan aplikasi satu ini.  Sinopsis yang di tampilkan saat itu, cukup membuat saya yang memang suka membaca jadi penasaran untuk mengetahui lanjutan dari sepotong kisah yang sempat ditampilkan. Sepertinya jenis cerita yang disajikan juga cukup ringan dan gak perlu mikir keras hanya untuk mengerti chapter demi chapter dari story disana. yahh setidaknya begitulah ekspektasi awalku sebelum akhirnya memutuskan untuk  mendownload lalu menginstaall aplikasi satu ini.



Mari kita lihat review, bintang dan ulasan dari aplikasi satu ini sebelum saya menceritakan pengalaman saya membaca beberapa cerita di aplikasi ini.



Tangkapan layar ini diambil pada 28 September 2019 pukul 18.20 WIB
Bintang aplikasi webread : 3,6/5
Total penilaian 1.214

salah satu ulasan dari pengguna:
Dari @Acu Chia:  Kesini nya makin bikin kecewa masa nonton iklan pun dah gak bisa,dah itu tugas untuk dapatin koin sedikit,apa mgkn mau paksa orang untuk beli koin

Dari @Christian Ks : Sekedar maskkan... Tolong ada history read donk min... Gua uda bca 5 bab... Hp tiba2 low... Bgt balik, dah lupa judulnya... Smpe skrg gak tau judulnya... Tolong klo ada yg tau judul cerita ttg manajer xia apa yah


Pengalaman saya membaca beberapa cerita di aplikasi wEBread tidak berbeda jauh dengan beberapa ulasan yang sudah saya tampilkan. Novel yang berlabel free pun ternyata tidak benar-benar free untuk dibaca. lha kok bisa? iya jadi setelah bab sekian, kamu harus menunggu waktu (bisa 24 jam) ataupun kamu bisa mengumpulakn poin dengan membaca dan mengshare aplikasi satu ini pada orang lain hanya untuk membuka 1 chapter berikutnya atau kamu diminta menonton iklan agar bisa mendapat koin sehingga bisa ditukarkan untuk membaca chapter selanjutnya. jadi kalau tidak ingin bersusah payah, yah tinggal beli/ isi saja koinnya. Selain itu, tidak adanya fitur simpan bagian chapter terakhir yang dibaca, akibatnya saat membuka cerita yang sama, kita perlu mengingat ulang bagian terkahir yang kita baca. ckup merepotkan.




mengenai kualitas cerita: saya tidak begitu paham dari mana cerita-cerita webread ini berasal. kalau wattpad sudah jelas, siapapun bisa mengupload tulisan di sana lalu menjadi terkenal, kalau webread, belum diketahui asal muasal cerita disini dari mana. kalau melihat dari bahasa yang ditampilkan serta nama nama pemain, sering kali saya merasa bahwa cerita ini adalah cerita terjemahan dari author luar negeri. kebanyakan cerita sudah pasti tentang cinta, kehidupan pernikahan dan benci jadi cinta atau cerita type cinderella. Beberapa adegan dinilai cukup vulgar untuk anak-anak di bawah umur karena sering kali secara eksplisit menampilkan kata-kata seperti ciuman bibir atau melepas pakaian lalu bla-bla bla (lanjutkan....)

jadi kesimpulan saya: saya tidak akan pernah ingin membayar untuk membaca jenis cerita yang typonya cukup banyak bertebaran, apalagi dengan kualitas cerita yang seperti ini, yaah memang terasa ringan sih, pasti banyak sekali remaja yang suka, tapi mohon maaf di bawah standar kualitas cerita saya.  
dan untuk adik-adik di bawah umur disarankan mencari tempat membaca yang lain saja. bila kalian ingin menambah sedikit banyak wawasan, bisa bergabung atau mencoba  Quora deh. yang jelas lebih berfaedah dari pada membaca cerita tentang pernikahan melulu, ntar pada pengen nikah muda semua hehe.

sekian review dari saya, sampai jumpa di review selanjutnya.

1 komentar:

iya benar skl sy instal webread krn penasaran jadinya beli coin trs, tidak ketahuan smp bab berapa, 1 cerita sdh lebh dari 200rb


EmoticonEmoticon