Rekening Bank BCA Anda ditutup otomatis oleh sistem apabila... Apa Bisa diaktifkan Kembali?

Nerstory,- Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan suatu rekening bank otomatis akan ditutup diluar hal hal yang berkaitan dengan hukum. Berberapa hal tersebut disebebakan karena kelalaian nasabah  itu sendiri yang sudah lama tidak menggunakan rekeningnya untuk keperluan transaksi perbankan apapun atau saldo rekening yang dibiarkan kosong/tidak diisi selama berbulan bulan hingga untuk biaya administrasi rutin dan perawatan rekening, saldonya bahkan sudah tidak cukup.



Namun sebelum rekening BCA Anda ditutup otomatis oleh sistem/ sepenuhnya tidak aktif,  rekening tersebut tentu  sudah melalui status dormant (pasif) selama beberapa bulan dahulu sebelum bank sepenuhnya menutup rekening tersebut. Untuk lebih lanjut mengenai rekening BCA yang dormant (pasif) baca disini.

Nah, saat rekening BCA anda berstatus dormant (pasif), sebenarnya pihak Bank sedang memberikan masa tenggang bagi nasabah selama beberapa saat tergantung jenis rekening, ada yang 6 bulan dan 3 bulan untuk bisa mengaktifkan kembali atau agar tidak kehilangan akses pada rekening tersebut. Namun karena ketidakpedulian/kelalaian baik yang disengaja (karena merasa tidak terpakai lagi lalu, ya udah siih kalau mau ditutup) atau karena sesuatu dan lainnya, namun rekening BCAnya sudah terlanjur ditutup. jadi bagaimana? apa masih bisa diaktifkan?

Image Source: Google Image

Sebelum membahas hal tersebut,  terlebih dahulu akan dibahas hal hal yang menyebabkan Rekening BCA anda ditutup oleh sistem. 

Sebagai informasi rekening BCA akan ditutup otomatis oleh sistem apabila saldo nol selama periode ditetapkan, yaitu:
  • Rekening Tahapan/ Tapres/ Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu dan BCA Dollar akan tutup rekening secara sistem apabila saldo nol selama 3 bulan berturut turut.  
  • Rekening Giro tutup rekening secara sistem jika saldo nol selama 6 bulan berturut turut.   
  • Rekening Simpanan Pelajar, tutup rekening secara sistem apabila rekening dormant dengan saldo dibawah atau sama dengan Rp 5.000,- selama 3 bulan berturut-turut
Apa yang terjadi apabila rekening sudah sepenuhnya ditutup oleh sistem?

Image Source: Google Image

Anda sudah tidak ada akses ke rekening tersebut. Rekening itu sudah ditiadakan datanya. Saldo yang tersisa sudah habis untuk perawatan/biaya adm selama rekening berstatus dormant. jadi anda sudah tidak akan bisa menggunakan rekening tersebut untuk aktivitas perbankan apapun termasuk menerima transfer. ini yang paling sering ditanyakan, bagaimana bila sudah terlanjur mentransfer sejumlah uang ke rekening yang sudah tidak aktif (ditutup)? jawabanya: maka transfer tersebut akan otomatis dibatalkan. Tidak akan ada pemotongan saldo dari rekening pengirim. Apabila status transaksinya 'transaksi berhasil', dapat dipastikan rekening tersebut belum ditutup, masih aktif atau baru status dormant (pasif) saja.


Apakah rekening yang sudah ditutup masih bisa diaktifkan kembali?

Sayangnya, Bila suatu rekening telah ditutup, maka tidak dapat diaktifkan kembali. Nasabah dapat membuka rekening baru dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan mendatangi bank BCA terdekat untuk prosesnya. Eeh tapi sekarang sudah bisa buat rekening online. prosesnya jadi tidak seribet dulu walaupun data data yang harus disiapkan sama seperti bila ingin membuka rekening secara manual dengan mendatangi CS bank ybs.

The last but not least, Untuk memastikan status Rekening BCA anda masih aktif atau tidak,  bisa menghubungi layanan Halo BCA 1500888 agar dibantu pastikan datanya.

Sekian, Semoga bermanfaat. Sau-


EmoticonEmoticon