BLOGGING TIPS: CARA MENGUBAH DAN MENGKONVERSI FILE DOC MICROSOFT WORD MENJADI HTML DENGAN KONVERTER



Nerstory,- Pada Kesempatan kali ini, aku akan berbagi sedikit  tips blogging supaya artikel microsoft word  tipe doc- yang akan diposting ke blog tetap rapi. 

perlu diketahui, format postingan blog adalah HTML. Apabila anda terbiasa menulis artikel pertama kali melalui word, maka sebaiknya sebelum anda memposting artikel tersebut di blog, terlebih dahulu anda harus mengkonversikan artikel tersebut ke dalam bentuk HTML agar google console dan mesin pencari mudah menginspeki URL artikel anda dan pada saat akan diindeks, halaman tersebut bebas dari eror atau masalah. 

bagaimana bila kita langsung meng copy-paste artikel kita ke dalam mode 'tampilan menulis'? maka akan terjadi hal seperti berikut ketika artikel tersebut berhasil di post. 


ada kata kata tidak jelas pada tampilan beranda blog anda. lihat thumbnail dibawah judul. bahasanya berantakan.kata kata pembuka awal artikel tidak bisa dibaca. vl'{behavour.url}bla bla..

ya benar sekali, artikel tersebut akan tetap bisa terpublish. tapi google akan kesulitan mengindeksnya karena ada kesalahan HTML atau bahasa HTML yang belum dibersihkan. 

sedangkan bila artikel yg kita post tidak mengandung bahasa HTML yang salah, maka post kita di beranda akan berbentuk:


akan terlihat isi pembuka artikel tersebut pada thumbnail dengan kata kata yang bisa dibaca dengan jelas sesuai isi artikel.

oleh karena itu, kita memerlukan bantuan konverter untuk mengubah bahasa word doc- ke dalam bentuk HTML. berikut link Konverter yang bisa anda gunakan untuk membantu anda menyelesaikan masalah bahasa HTML yang salah:

1. word2clean HTML :

 Memiliki beberapa opsi yang dapat Anda pilih untuk mengubah output HTML. Salin dokumen Word Anda dan tempelkan ke konverter. Pilih opsi Anda lalu klik konversi. Ini akan memberi Anda kode HTML untuk dokumen Word Anda.


2. Zamzar Web :

Situs web ini meminta Anda mengunggah file atau memberikan url dan itu akan mengubah dokumen Anda menjadi HTML. Situs web ini juga memiliki opsi untuk melakukan banyak jenis konversi juga, seperti file musik dan foto.

3. Text Fixer Converter 

Konverter ini tidak memiliki opsi, cukup tempelkan dokumen Word Anda, lalu klik untuk mengubahnya menjadi HTML.tampilan sederhana membuat converter ini sangat mudah digunakan. Hasil artikelnya pun terlihat rapi. 


langkah selanjutnya setelah anda mengkonversi artikel anda ke dalam bahasa HTML, anda bisa mengcopykan artikel yg sudah clean ke dalam  'tampilan HTML' dibilah kanan tampilan menulis blogger seperti berikut:

semoga artikel ini bermanfaat. sau-


· 

la


 


EmoticonEmoticon